Beberapa brand menggunakan nada nada khas untuk menarik para konsumennya, nada-nada yang terbesit dibenak saya, mungkin di benak temen-temen sekarang ini mungkin adalah adalah walls, kemudian susu murni nasional, yang ketiga Sari Roti, yang terakhir tahu bulat digoreng dadakan. Nah, banyak sekali yang sudah melakukan aktifitas aktifitas tersebut, yang saya akan sampaikan hari ini adalah sebuah indera yang kita miliki hari ini adalah tempat untuk kita menerima sebuah respon dari promosi apapun. Promosi yang kita lihat secara mata, promosi dengan indra penciuman atau bisa dikatakan bau bau an seperti sate dan segala macam, kemudian ada juga indra peraba.

Yang hari ini saya akan sampaikan adalah bahwa telinga kita terfungsikan untuk menerima sebuah promosi yang bersifat audio.  Jadi kenapa coba sekarang temen-temen tidak mengambil opsi tersebut untuk kegiatan berjualan anda? Seumpamanya ketika kita berbicara tentang bakso, hari ini kita semua sepakat dan menerima kalau penjual bakso identik dengan kentongan. Kenapa enggak untuk melakukan hal itu si bakso punya sebuah nada seperti jingle audio promosi yang dilakukan untuk memaksimalkan aktivitas anda melakukan sebuah brand activity?  Kemudian gerobak gerobak yang hari ini beredar dimasyarakat entah cilok entah batagor, bubur dan sebagainya, kenapa temen-temen tidak melakukan sebuah kegiatan yang namanya brand activity audio jingle?

Kalau jaman dulu, kita punya sebuah rencana untuk membuat audio jingle, kita bisa membuat semacam MCB, kemudian teknologi disimpan datanya menggunakan bahan-bahan elektro dan itu nanti harus dihubungkan dengan baterai dan segala macamnya, itu rumit banget kalau dulu.

Kalau hari ini, temen-temen hanya butuh handphone sebenarnya dengan membuat nada nada. Ini bisa dipasang ke sini dan keluarnya Tale MP3 kemudian disimpan di flashdisk atau disimpan di memori. Kemudian teman-teman beli sebuah sound kecil yang dipasangkan dengan memori itu, teman-teman sudah bisa melakukan sebuah aktivitas audio promotion dan itu bisa dilakukan oleh teman-teman untuk mengurangi sebuah aktivitas yang anda lakukan dengan fisik seperti dengan tangan maupun dengan mulut. Teman teman bisa melakukan audio jingle ini untuk memaksimalkan cara penyampaian anda kepada masyarakat.

Kenapa sih gerobak bakso selalu punya kentongan? Fungsinya untuk menarik orang yang awalnya tidak ingin membeli menjadi ingin karena mendengarkan suara identik tukang bakso lewat.

Sekarang saya mengajak teman-teman semua, ayo fungsikan apa yang ada di teknologi hari ini, apapun bentuknya itu, bisa pakai nada musik keyboard, bisa pakai drum, atau bisa dari gitar atau sekedar mungkin benda benda yang ada disekitar kita yang bisa menciptakan suara unik. Cukup hanya direkam dengan handphone modern dan anda masukkan ke flash disk, dihubungkan ke speaker mini, itu bisa dibawa jualan keliling.

Tapi kalau teman-teman ingin yang terkesan professional, ingin yang memang terlihat bahwa jungle ini harus baik harus keren harus mempunyai sebuah gagasan yang menarik dan istimewa, kami Utero Indonesia baru saja berinvestasi di bidang recording atau sebuah studio rekaman, dimana teman teman bisa manfaatkan jasa ini ketika ingin membuat sebuah jingle audio promotion dan dapat membuat bisnis anda menjadi lebih keren.

Apa hanya untuk gerobak saja? Sebenarnya kebutuhan dari jingle jingle ini selain untuk umkm, sekarang jingle lagu untuk perusahaan perusahaan juga cukup penting.

Ketika temen temen mempunyai sebuah portofolio atau membuat sebuah video, lagu apa coba yang mau digunakan? copyright  YouTube sekarang ketat banget, dan temen-temen harus punya lagu sendiri, harus punya jingle sendiri, punya sound sendiri biar aman dan bisa dimonetize, karena seumpamanya tidak bisa mengambil lagu-lagu yang ada, atau lagu lagu free yang ada di YouTube library, semua orang kan sudah buat. Contohnya di teman-teman dari videografer wedding, lagunya hampir sama semua dan itu semua adalah lagu-lagu free.

Sekarang saatnya kita sendiri juga memberikan sebuah apresiasi kepada teman-teman pelaku industri musik. Saatnya teman-teman musik hari ini mempunyai karya yang memang suporting dari pelaku industri lainnya. Bukan hanya selamat bagi pemusik atau pemain musik saja, tapi teman-teman musisi sekarang bisa melakukan sebuah kegiatan mensupport bisnis kuliner lainnya. Tidak hanya kuliner, teman-teman bisa mensupport bisnis desain grafis, perfilman, dan lain sebagainya karena hari ini adalah waktunya teman-teman membuat sebuah perubahan yang sangat signifikan