STRATEGI DYNAMIC DISTRIBUTION UNTUK AKTIVASI BRAND

Strategi Dynamic Distribution sebagai cara efektif untuk meningkatkan visibilitas brand dan optimasi mesin pencari (SEO) secara organik. Strategi ini dapat diterapkan baik secara online maupun offline.

  KATEGORI DISTRIBUSI

      Mengklasifikasikan distribusi brand ke dalam tiga kategori :

  • Online : Menggunakan platform digital seperti media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, Quora), website, dan marketplace.
  • Offline : Menggunakan media non-digital seperti brosur dan spanduk.
  • Non-Line : Menggunakan metode tradisional seperti iklan masif (above the line).
    Implementasi Dynamic Distribution Online

       Pentingnya penyebaran konten ke berbagai platform online. Ini mencakup :

  • Menyebarkan konten ke berbagai platform: Sebarkan konten branding ke banyak platform media sosial, jangan hanya fokus pada satu platform saja. Ini memungkinkan jangkauan yang lebih luas.
  • Contohnya, konten yang Anda buat untuk Instagram, juga dapat dibagikan di Facebook, Twitter, dan platform lain. Konten dapat berupa video TikTok, YouTube, dan lain sebagainya.
  • Tujuan SEO : Tujuan utama Dynamic Distribution adalah agar brand terindeks dengan cepat oleh Google dan mudah ditemukan saat dicari. Kata kunci, nama brand, dan informasi detail tentang brand harus disebarkan di banyak platform. Misalnya, jika merek tersebut adalah desainer busana, maka semua informasi penting mengenai merek tersebut harus ditampilkan secara online
  • Contoh Kasus:  Video menggunakan contoh brand Dinar yang menjual baju kebaya untuk menginformasikan pentingnya penyebaran informasi merek di banyak platform online agar orang mudah menemukan merek.
  • Menulis dan Memposting : Tulis konten yang berharga dan informatif yang dapat dicari oleh pengguna. Jangan hanya melakukan kegiatan sosial media biasa, tapi tulislah konten yang informatif.
  • Contohnya: posting blog, artikel dan hal-hal lain yang bernilai bagi pembaca.
    Kerjasama dengan Media: Kontak dengan wartawan dan media untuk dapatkan publikasi dengan rilis brand. Ini dapat dilakukan secara organik, tidak harus berbayar.
  • Konsistensi : Penyebaran konten secara konsisten di berbagai platform merupakan kunci sukses. Meskipun Anda merasa tidak punya banyak waktu, kompetitor Anda mungkin memiliki waktu, jadi jadilah proaktif untuk membuat konten dan menyebarkannya secara konsisten.
    Distribusi Offline (Sebagai Opsi Tambahan)

kemungkinan penggunaan strategi distribusi offline, seperti sticker brand, namun hal ini tidak disarankan secara intensif. Intinya, pastikan distribusi offline tidak mengganggu atau membuat orang merasa terganggu. Contohnya, sticker brand tidak boleh mengganggu penampilan kendaraan jika ditempelkan pada kendaraan seseorang.

KESIMPULAN

Dengan memanfaatkan strategi Dynamic Distribution secara efisien, brand dapat meningkatkan visibilitas, meningkatkan peringkat di mesin pencari, dan akhirnya meningkatkan keunggulan kompetitif.